SERUMEN (KOTORAN TELINGA )

SERUMEN (KOTORAN TELINGA )

Oleh : Admin RSUD Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis   Pada : 01 Agt 2017

Mengapa tubuh manusia membuat Serumen ?
Keberadaan serumen sebenarnya sehat bila dalam jumlah yang normal, karena serumen dapat keluar sendiri dan mampu melindungi, melicinkan serta sebagai anti bakteri di liang telinga manusia. Bila serumen tidak ada akan terjadi kekeringan dan gatal diliang telinga. Secara umum, liang telinga mampu membersihkan dirinya sendiri; yaitu seiring dengan proses menelan dan menguap, sehingga serumen dan sel kulit mati dari dekat gendang telinga akan bergerak keluar.Serumen secara konstan akan dikeluarkan dengan adanya gerakan mengunyah dan gerakan rahang, dari dalam liang telinga ke luar, biasanya dalam bentuk lembaran-lembaran kecil yang kering.
Keinginan yang baik untuk menjaga kebersihan telinga dapat menimbulkan resiko timbulnya gangguan pendengaran.
Telinga adalah area yang sensitif, termasuk kulit liang telinga.dan gendang telinga kita. Oleh karena itu, perawatan khusus harus diberikan pada bagian tubuh ini.
Dimulai dengan menghentikan penggunaan cutton bud dan kebiasaan memakai penyumbat telinga.


Beberapa pemahaman tentang bagaimana merawat telinga dengan benar :
•Mengapa tubuh manusia membuat serumen?
•Apakah metoda/ cara yang direkomendasikan untuk membersihkan telinga?
•Kapan harus menemui / berkonsultasi dengan dokter?
•Dan banyak hal lain.


Apa yang harus dilakukan untuk mencegah penumpukan kotoran
telinga?

Tidak ada cara yang terbukti untuk mencegah sumbatan oleh kotoran telinga, tetapi sangat disarankan untuk TIDAK mengorek liang telinga dengan cutton bud atau benda lain. Jika Anda sering mengalami sumbatan oleh kotoran telinga atau menggunakan alat bantu dengar, temuilah dokter THT Anda tiap 6 bulan sekali untuk pemeriksaan rutin dan pembersihan telinga Anda.


Mengapa cutton bud tidak boleh digunakan untuk membersihkan kotoran telinga ?
Sumbatan oleh kotoran telinga merupakan penyebab umum penurunan pendengaran. Hal ini sering terjadi karena adanya usaha untuk membersihkan telinga dengan cutton bud, yang akhirnya hanya akan mendorong kotoran telinga semakin masuk ke dalam liang telinga, sehingga menimbulkan sumbatan.


Kapan harus menemui dokter?
Jika terjadi penumpukan kotoran telinga yang menyumbat liang telinga dan menyebabkan gangguan pendengaran, maka harus segera menemui dokter. Dokter akan memberikan resep tetes telinga khusus untuk melunakkan kotoran telinga,atau dapat juga langsung di spooling dan di suction.
Kadang-kadang, dokter ahli THT dapat juga menggunakan mikroskop untuk mengangkat kotoran telinga tersebut.
Jika anda mempunyai riwayat gendang telinga yang berlubang, segera berkonsultasi dengan dokter sebelum memakai obat-obatan yang dapat dibeli bebas. Memakai tetes telinga atau produk lain pada gendang telinga yang berlubang dapat menimbulkan nyeri atau menyebabkan infeksi karena masuknya air melalui lubang pada gendang telinga tersebut ke rongga telinga tengah.




TAG: THT